Rabu, 11 Juli 2012

Yang Harus Di Siapkan Seorang Guru



Yang Harus Di Persiapkan Sebelum Mengajar
Selamat datang para pembaca yang budiman, Mengajar merupakan makanan sehari-hari bagi para pengajar karena memang kegiatan itu adalah yang harus di lakukan oleh para pengajar. Seperti hal nya kita masuk ke dalam pertempuran medan perang, kita harus mempersiapkan secara matang-matang apa yang di perlukan dalam pertempuran tersebut agar kita bisa memenangkan pertempuran, tapi jika kita tidak mempersiapkan matang-matang apa yang di perlukan, maka besar kemungkinan kita untuk gugur di tempat. Hampir mirip dengan situasi seperti itu hanya saja yang membedakan adalah lawan yang akan di hadapi dan cara bertempurnya.

Kelas dan di depan para siswa adalah medan perang untuk kita, kita harus mempersiapkan matang-matang bagaimana agar kita dapat memenangkan pertempuran dan tidak gugur dalam pertempuran. Jika kita dapat mengatasi masalah dalam kelas dan berhasil dalam waktu yang di tentukan, maka bisa di anggap kita sebagai pemenang, tapi sebaliknya jika kita tidak dapat mengontrol jalannya proses pembelajaran selama waktu yang telah di tentukan, kita telah kalah.

Tentu bukan dengan mengangkat senjata kita harus berperang, tapi dengan cara ngangkat alat tulis saja sudah cukup dan masih banyak hal yang harus di siapkan. Apa saja hal-hal yang harus di siapkan sebelum kita masuk kelas, mari kita simak bersama-sama :


1. Penampilan. Penampilan adalah poin dasar yang mesti di siapkan dan di pikirkan, karena kita mengajar siswa tidak hanya mendengar tetapi juga melihat kita, jadi pikirkanlah penampilan anda besok seperti apa ? yang jelas jangan sampai merusak konsentrasi siswa.

2. Materi. Materi apa yang akan kita sampaikan besok ? jika kita sudah menetapkan materi yang akan di sampaikan besok sesuai syilabus maka pelajari lah lagi karena jika kita tidak sampai menguasai materi sepenuh  nya, maka besok adalah kekalahan kita. Guru belajar malah hari, siswa belajar siang hari. Itulah bedanya.

3. Metode Pembelajaran. Jika kita sudah memantapkan materi yang akan di sampaikan , mulailah merekayasa skenario proses pembelajaran yang akan kita sampaikan. Banyak model metode-metode pembelajaran tinggal kita sesuaikan dengam materi dan situasi dan kondisi siswa. Saran, jangan memikirkan hanya satu metode yang akan di gunakan, buatlah plan B.

4. Perhitungan Waktu. Jika kita sudah mendapatkan gambaran metode dalam KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) mulailah menganalisa waktu yang di perlukan di mulai dari pre-activity sampai post-activity sehingga semuanya dapat berjalan sesuai dengan rencan dan yang kita inginkan.

5. Buat RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Point 1-4 tulislah lah dalam RPP sistematisnya seperti apa, atau acara kegiatannya bagaimana, sehingga semua dapat terlihat secara sistematis dan terencana. Jangan tanya bagaimana membuat RPP karena artikel ini tidak membahas tentang format RPP, dan akan saya tulis pada artikel yang berbeda.

Itulah 5 point yang saya bagikan kepada para pembaca yang budiman semoga banyak membantu dan dapat bermanfaat dalam prakteknya, terimakasih sudah mau menyimak artikel ini dan silahkan kunjungi blog saya untuk melihat artikel terupdate. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar