Minggu, 08 Juli 2012

Apa Susahnya membaca ?


Selamat datang para pembaca yang budiman, salah satu kegiatan yang mungkin bagi sebagian besar orang adalah kegiatan yang sangat sangat membosankan terlebih lagi jika kita sudah melihat dari bentuknya saja yang tebalnya minta ampun, sudah pasti langsung membuat kita tak bernafsu sama sekali membuka lembar cover dari buku itu, apalagi ingin tau apa isi dari buku tersebut.

Tapi tidak bisa kita sanggah dengan membaca buku dapat membantu anda untuk mengetahui apa apa yang anda belum ketahui, dan secara otomatis informasi yang anda dapatkan dari buku dapat sangat menolong anda dalam bersosialisai dengan orang atau lingkungan yang belum anda kenal sekaliapun, karena apa ? karena setiap memasuki lingkungan yang baru tentu yang di butuhkan adalah wawasan yang luas sehingga kita dengan mudah menyesuaikan diri untuk masuk ke dalam lingkungan tersebut.


Pada kenyataannya banyak orang menganggap membaca buku tidaklah terlalu penting dan tidak mempunyai peran yang begitu besar atau bahkan ada yang menganggap sering membaca akan membua kita culun, kuper atau apalah yang seakan semakin mendesak keberadaan orang yang sering membaca buku. Seperti yang saya jelaskan pada paraghrap sebelumnya dan disini saya akan tekankan sekali lagi. dengan membaca buku akan menambah wawasan kita bahkan akan memperluas kita dalam bersosialisasi. Jadi, apa yag menyebabkan dengan sering membaca buku culun ? itu hanya pernyataan bagi segellintir orang yang sebenarnya dalam pergaulannya hanya di isi dengan hal yang kosong belaka.

Mari kita telaah apa yang menyebabkan sebagian besar orang menganggap membaca adalah kegiatang yang paling membosankan. Banyak alasan dan sebab kenapa mereka terllihat sulit sekali ketika mulai atau mengawali membaca buku. Pertama, tidak ada niat sama sekali membaca, memang jika sesuatu yang tidak berdasarkan niat pada pelaku akan sangat terasa berat dan kebanyakan sesuatu yang tanpa di dasari niat yang sungguh-sungguh adalah sesuatu yang positif. Maka dari niatkanlah anda dalam membaca maka hasil dari membaca pun tak menjadi sia-sia. 

Kedua, belum terbiasa. Ya, untuk melakukan kegiatan yang positif tentu kita sesekali saja bahkan hampir tidak pernah, seperti halnya membaca. Membaca adalah kegiatan yang sangat positif dan hal yang sangat sulit untuk membaca adalah karena belum terbiasa, tapi jika memang membaca adalah sudah menjadi kebiasan anda maka bukan lagi sesuatu hal yang berat untuk di lakukan, bahkan mungkin anda sudah punya waktu sendiri yang sudah di jadwalkan untuk membaca. Beruntunglah orang yang seperti itu.

Ketiga, sudah di racuni dengan statements yang menyatakan anti-membaca. ini mungkin yang sudah berat kasusnya dalam konteks ini karena kalau hati mereka menolak ya sulit untuk di sembuhkan, kalaupun mereka membuka buku, mungkin mereka tidak sedang membaca tapi hanya sekedar melihat gambar apa yang ada dalam buku tersebut. Rubahlah paradigma anda yang seakan-akan buku adalah musuh bagi anda, padahal buku lah yang akan membantu anda di setiap masalah. 

Itulah tiga alasan kenapa sebagian besar orang yang "memusuhi" kegiatan membaca. Hal yang perlu di perhatikan adalah niat, coba paksakan untuk terbiasa dan buang jauh jauh hal negatif tentang membaca. Itu saja yang bisa saya bagikan untuk para pembaca yang budiman, semoga bermanfaat dan terimakasiih sudah mau menyempatkan waktunya untuk membaca artikel ini.

"Membaca Adalah Jendela Ilmu"
"Membaca Adalah Pintu Menuju Hidup Lebih Baik"


1 komentar: