Selasa, 10 Juli 2012

6 Kesalahan yang Harus Di Hindari Pemula

   Para pembaca yang budiman calaon atau sudah menjadi pengajar, banyak sebagian dari clon pelajar menganggap debutnya mengajar adalah neraka bagi sebagian calon pengajar, apalagi yang memang sebelumnya belum pernah sama sekali berdiri di depan di depan orang banyak, maka situasi seperti ini adalah suatu moment yang paling mendebarkan dan mencekam, bahkan untuk menyelesaikan 1 jam pelajaran itu rasanya nunggu bertahun-tahun, seakan waktu berjalan sangat lah lamban.

   Bagi para calon pengajar yang akan menjalani debut mengajarnya baik untuk praktek mengajar yang di tuntut harus terjun langsung ke dalam instansi atau lembaga-lembaga pendidikan, dalam konteks ini biasanya bertempat di sekolah-sekolah. Maka jangan khawatir, dasar yang perlu anda siapkan adalah mental. Sebelum menjalankan debut pertama anda untuk tampil de depan belasan bahkan puluhan siswa yang akan anda hadapi, biasakanlah anda melatih mental anda. Tetapi dalam artikel ini kita tidak membahasa bagaimana mengatasi masalah mental anda, tips membangun mental sudah saya tuliskan pada artikel sebelumnya, bisa anda lihat. Pada artikel ini kita membahas bagaimana hal-hal apa saja yang harus anda perhatika sebelum anda masuk ke dalam zona yang dapat memperlambat jalannya waktu.


   Pembaca yang budiman, tentu semua calon guru ataupun seorang pengajar yang akan baru pertama kali masuk kelas dan berdiri di depan deretan siswa yang belum kita kenal mereka siapa, ingin menjalankan debut dengan sukses dan memuaskan sehingga membuat anda merasa ketagihan, karena tidak sedikit bagi mereka ada rasa traumatik setelah menjalankan debutnya dengan hasil gagal total, dan mereka takkan mau masuk kelas lagi atau mengangga kelas itu adalah “neraka”.

   Berdasarkan analisa yang telah saya lakukan, kenapa ada sebagian caloon pengajar gagal total dalam menjalani debutnya sebagai pengajar, ada beberapa kesalahan-kesalahan yang harus anda waspadai dan hindari. Berikut kesalahan-kesalahan yang harus di hindari :

1. Tidak Menguasai Materi. Jangan pernah sekali-kali anda nekad melangkahkan kaki anda masuk ke dalam kelas tanpa menguasai sepenuhnya materi yang akan anda berikan kepada siswa anda, jika anda nekad masuk ke dalam kelas dengan materi yang setengah-setengah di kepala anda, jika begitu kejadiannya maka kemungkinan besar yang akan terjadi adalah anda akan di dzholimi oleh para sisw. Pelajari lah materi yang akan anda berikan ke siswa pada malam hari, persiapkan matang-matang materi yang akan anda berikan dan kuasai. Anda akan menjadi orang yang di anggap paling super dan meyakinkan di depan para siswa.
http://enggunsyihabudieninfo.blogspot.com/2012/07/tips-membangun-mental.html
2. Negative Thinking. Tentu dalam hal apapun pikiran negatif tidak di perkenankan ada dalam diri anda, apalagi anda sedang menjalani debut karir anda, biasanya kekeliruan yang ada pada dalam diri pemula adalah lebih banyak memikirkan hal-hal negatif atau kemungkinan negatif yang akan terjadi, seperti anda akan bertanya pada diri anda “gimana ya kalo saya gagal?”, “gimana ya kalo saya ga bisa?” dan masih banyak gimana-gimana lagi. Anda tidak perlu memasukkan pertanyaan seperti itu pada pikiran anda karena akan semakin memperburuk keadaan, lebih baik yang harus anda lakukan adalah berpikir positif, karena itu yang akan membantu anda dalam dalam menghadapi kesulitan yang terjadi selama proses pengajaran. 

3. Cara Berjalan. Kenapa saya masukkan cara berjalan ke dalam salah satu kategori yang harus di waspadai ? Iya, ketika satu langkah kaki anda melewati pintu kelas pada saat itu juga lah sebagian besar dari siswa memerhatikan langkah anda, tentu anda tidak ingin para siswa melihat anda dengan pandangan aneh, maka tunjukkan lah wibawa dan kharisma anda pada setiapa langkah anda, berjalanlah dengan menyakinkan.

4. Lupa Mendapatkan Perhatian. Memang tugas seorang pengajar atau guru adalah memberikan materi pembelajaran yang akan di pelajari tapi kesalahannya adalah tidak sedikit pula para calon pengajar atau guru hanya di anggap sebagai radio bekas oleh para siswa. Maka untuk apa kita berkoar-koar menyampaikan materi kalau di dengar saja tidak, oleh karena itu masuk keas dengan percaya diri itu bagus tape karena terlalu percaya diri pun kita langsung dengan tiba-tiba tanpa aba-aba masuk ke materi tanpa melihat situasi dan kondisi kelas yang memungkinkan atau memulai materi. Kebanyakan dari siswa ada yang masih asyik dengan aktivitasnya dan tentu sebagai guru baru kita tidak bisa marah atau membentak siswa yang asik dengan aktivitasnya sendiri, tentu sebagai guru baru yang perlu di lakukan adalah mendapatkan perhatian sekaligus mendapatkan simpati mereka tanpa mengurangi kewibawaan kita sebagai pengajar. Bisa saja sebelum masuk ke materi yang akan kita berikan kita hanya perlu beberapa menit untuk berbincang-bincang, atau bahkan guyonan-guyonan kecil yang dapat menarik mereka untuk masuk dalam kendali anda.

5. Gerak Tubuh Berlebihan. Dalam bawah sadar kita, biasanya kita melakukan sesuatu atau gerakan tanpa kita sadari meskipun pada organ tubuh kita sendiri. Bisa jadi karena grogi yang luar biasa sehingga menimbulkan gerakan-gerakan pada tubuh kita yang berlebihan tanpa kita sadari untuk mengatasi rasa nerveous anda, tapi ketahuilah gerak tubuh anda yang berlebihan itu di perhatikan secara detail oleh para siswa di depan anda yang akan memicu kesan pertama yang akan anda dapatkan di depan para siswa adalah “ANEH”. Dan anda sadari atau tidak para siswa akan membicarakan para pengajar atau guru yang mereka anggap “aneh” tersebut. Sehingga mereka memiliki celah untuk “mendzholimi” anda secara verbal dan ketika anda menjelaskan materi di depan kelas, yang siswa perhatikan adalah bukan materi yang akan anda sampaikan tapi gerak-gerik tubuh anda yang mereka anggap berlebihan. Solusinya adalah aturlah saluran pernapasan anda dan tetaplah tenang, otomatis anda dapat mengontrol gerakan-gerakan tubuh anda secara normal.

6. Salah Perhitungan Waktu. Sebagai calon pengajar atau guru sudah barang tentu anda sudah mengetahui   bahwa dalam proses pembelajaran kita tidak isa seenaknya jidat dalam proses pembelajaran, karena dalam proses tersebut ada sistematis waktu yang perlu bahkan wajiib anda perhitungkan, anda tentu sudah mencatat secara detail pada RPP tapi bagaimanakah dalam prakteknya ? terkadang apa yang sudah kita buat dalam RPP tidak berjalan sesuai dengan apa yang kita harapakan pada prakteknya. Kesalahan dari para pemula adalah kurangnya memikirkan matang-matang jalannya proses pembelajaran, sehingga jangan kaget apabila tidak sedikit pada prakteknya meleset dari apa yang sudah kita perhitungkan dan kalau itu terjadi lalu apa yang akan kita lakukan ? bagi mereka yang pemula mungkin akan merasakan kepanikan yang luar biasa karena mereka sedang berada di tengah-tengah medan perang, jika anda salah perhitungan sedikit maka bisa saja anda gugur di tempat. Untuk mendukung kesuksesan debut anda maka kita harus benar-benar matang dalam menyusun rencana sesuai dengan prosedur yang kita inginkan dimulai dari pre-activity, sebagai tambahan jangan lupakan plan B jika rencana yang kita susun dengan perhitungan waktu yang sedemikian rupa kurang berjalan mulus.

   Itulah enam kesalahan mendasar yang sering di lakukan oleh para pengajar atau guru, khusus bagi para calon yang akan menjalankan debutnya untuk pertama kali, maka poin-poin diatas semoga bisa membantu anda dan dapat menjadi bahan pertimbangan sebelum memulai debut karir anda sebagai pengajar atau guru. Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk membaca artikel ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar