Selasa, 17 Juli 2012

Tingkat Perbandingan Kata Sifat (Degrees of comparison)

Sebagian besar kata deskriptif (Descriptive Adjective) dan kata sifat kuantitatif (Quantitative Adjective) memiliki tingkat-tingkat untuk menerangkan kata benda.

Dalam bahasa inggris tingkat perbandingan pada kata sifat disebut The Degrees of Comparison (tingkat perbandingan. yang dibagi menjadi 3 golongan, yaitu:


  1. Positive Degree              (Tingkat Biasa)
  2. Comperative Degree      (Tingkat Lebih)
  3. Superlative Degree         (Tingkat Paling)
Bentuk Perbandingan dibuat dari bentuk positive yang ditambah dengan akhiran -er atau -r dan awalan more. Sedangkan bentuk Superlatif dibentuk dari bentuk positive yang ditambah dengan akhiran -est atau -st dan awalan most. 


Cara membentuk tingkat perbandingan kata sifat adalah sebagai berikut :
  • Kata sifat (Adjective) yang terdiri atas satu suku kata, hanya ditambahkan dengan akhiran -er atau -est.
  • Kata Sifat yang terdiri dari satu suku kata dan berakhiran dengan satu huruf mati (konsonan) yang diawai dengan huruf vokal ditambah dengan akhiran -er atau -est. satu huruf mati terakhir digandakan. Misal: Hot =hotter/Hottest, fat=fatter/fattest dsb.
  • Kata sifat yang berakhiran dengan huruf -y dan diawali satu atau dua huruf mati, maka -y diganti dengan -i dan kemudian ditambahkan dengan -er atau -est. Misal: easy=easier/easiest, friendly=friendlier/friendliest dsb.
  • Kata sifat yang berakhiran dengan huruf -y dan diawali dengan huruf vokal maka huruf -y tidak mengalami perubahan dan langsung ditambah -er atau -est.
  • Kata sifat yang terdiri atas dua suku kata dan berakhiran dengan -er atau -ow langsung ditambah -er atau -est, misal: clever=cleverer/cleverest, Shallow=Shalower/shalowest dsb
  • Kata sifat yang terdiri atas dua suku kata yang berakhiran dengan guruf -e, maka hanya ditambah dengan huruf -r atau -st saja, misal: wide=wider/widest, complete=completer/completest.
  • Kata sifat yang terdiri atas dua suku kata, akan tetapi tekanan pengucapannya jatuh pada suku kata pertama, tidak ditambahkan -er dan -est tetapi ditambahkan dengan more atau most. Misal: Famous=More famous/most famous, nerveous=more nerveous/most nerveous dsb.
  • Kata sifat yang terdiri dari atas tiga suku kata atau lebih ditambah dengan more atau most. misal: Terrible=More teribble/most teribble, useful=more useful/most useful dsb.

1 komentar: