Senin, 09 Juli 2012

Tips Membangun Mental


Menurut Kamus Besar Bahasa Indnesia (KBBI) pengertian dari kata mental adalah suatu hal yang berkaitan dengan watak dan batin manusia, yang bukan bersifat badani atau tenaga. Mental itu sendiri dasarnya terletak pada pikiran kita. Pertanyaannya,bagaimana membangun mental yang kuat bagi seoarang guru ?

Di awali memenage pikiran dengan membuang hal yang negatif adalah hal yang paling mendasar untuk menjadikan seorang guru memiliki mental sekuat baja, terlebih lagi bagi para calon pengajar yang belum pernah sekalipun tampil atau berbicara di depab umum sebelumnya, sudah barang tentu mental adalah menjadi kendala utama yang harus di atasi karena untuk menjadi guru di tuntut untuk berani berbicara di depan orang banyak dalam konteks, yaitu para siswa didik.


Berdasarkan masalah itu saya menulis artikel ini untuk berbagi beberapa tips bagi para calon pengajar yang masih belum cukup keberanian untuk masuk kelas. Berikut beberapa tips yang bisa anda coba :

1. Latihlah di Depan Kaca. Ini adalah cara yang paling mudah untuk anda coba melatih mentalitas anda, berbicaralah seolah anda menghadapi puluhan siswa di depan anda. Dengan media kaca, anda dapat melihat gesture tubuh dan mimik wajah anda, anda pun dapat menilai diri anda sendiri apa yang kurang dari pembawaan anda dalam berbicara.

2. Bersosialisasi. Sebagai makhluk sosial, sudah barang tentu kita semuat butuh bersosialisasi dalam kehidupan sehari-hari. Tapi, apakah sosialisasi anda sudah cukup untuk membangun mental anda untuk bisa keluar dalam lingkungan anda sehari-hari. Cobalah untuk bisa lebih terbuka dalam kehidupan sosial anda, dimana tidak membatasi ruang lingkup anda dalam bersosialisasi sehingga anda tidak terjebak atau terpaku pada satu ruang lingkup sosial yang tidak dapat membuat anda lebih improve. Karena pada dasarnya dunia ini luas jadi kenapa kita harus berdiam diri pada satu lingkungan sosial yang membatasi anda ?

3. Aktif Organisasi. Cara ini sebaiknya di lakukan dalam jangka waktu yang lumayan panjang tapi akan memberikan efek yang luar biasa unutk membangun mental anda karena dengan berorganisasi kita bisa lebih banyak bersosialisasi dengan dunia luar yang mungkin belum kita kenal atau ketahui sebelumnya, dengan begitu maka terbukalah mata kita kalau dunia ini sangat luas. Dengan berorganisasi pula kita membiasakan untuk berinteraksi dengan segala ruang lingkup sosial.

4. Jadilah Dominan. Jika kita sudah masuk ke dalam suatu organisasi dan terbiasa bersosialisasi dengan dunia luar maka cobalah untuk menjadi lebih dominan dalam setiap interaksi anda dengan orang lain. Atur tempo dan topik bahasan yang anda inginkan pada setiap lawan bicara anda, karena secara tidak langsung hal itu akan mempermudah anda dalam organize kelas dan anda akan menjadi pembeda pada para siswa.

Itulah tips-tips yang mungkin dapat membantu anda dalam membangun mental untuk menjadi lebih berani tampil di depan umum, lakukan dan berhasilah anda menguasai anak didik anda di dalam kelas, karena tidak ada sedikit pun rasa malu atau grogi dalam diri anda. 

Semoga bermanfaat banyak membantu anda dan terimakasih sudah menyempatkan waktunya untuk membaca artikel ini, jika ada saran dan kritik jangan segan-segan isi kotak komentar di bawah ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar