Jumat, 20 Juli 2012

Cara Mengetahui Karakter Dilihat dari Permainan Catur

source : www.google.co.id

Catur adalah salah satu permainan yang sudah familiar, hampir semua orang mengenal permainan ini baik pria, wanita, tua, muda maupun anak-anak dan banyak juga yang hobi bermain catur, termasuk saya meskipun tidak selalu menang. Filosofi permainan catur menurut saya adalah bermain strategi untuk mencapai tujuan dan tujuan dari catur yaitu mematikan langkah raja dari musuh. Strategi yang digunakan dalam memiliiki bermacam-macam teknik, saya tidak menjelaskan secara detail karena saya bukan master catur, saya hanya memberikan secara garis besarnya saja.

Strategi bermain catur sesorang bisa menjadikan cerminan dari karakter orang tersebut dalam kehidupan sehari-hari, karena sudah tersetting dari alam bawah sadar mereka tanpa mereka sadari. Saya sendiri bukan orang yang ahli dalam membaca pikiran atau karakter seseorang, sayang hanya memikirkan berdasarkan apa yang saya lihat dari kebanyakan orang, jadi saya tidak dapat menjelaskan secara teoritis apa istilah yang ada dalam ilmu psycholog.

Ada beberapa cara untuk mengenal karakter seseorang baik berdasarkan body language atau tulisan, menurut saya dari peramainan catur pun dapat mengetahui karakter seseorang berdasarkan strategi yang sering digunakan dalam permainannya, silahkan anda buktikan sendiri. Berikut cara mengetahui karakter seseorang berdasarkan permainan catur :



  1. Strategi langsung menyerang dilangkah-langkah awal. Seseorang yang sering menggunkan strategi ini adalah seorang yang ambisius, kuat dan dominan. Mereka ingin mencapai tujuannya dengan sesegera mungkin dengan menyerang secara membabi buta lawan-lawannya. Orang yang seperti bisa berbahaya dalam urusan bisinis karena besar kemungkinan untuk menghalalkan berbagai cara untuk mencapai tujuan, tetapi jika kita jeli dalam melihat kesempatan kelemahan orang yang berkarakter seperti ini sebenarnya mempunyai banyak celah untuk dikalahkan karena kadang-kadang ceroboh dalam berindak
  2. Strategi langsung menyerang dilangkah awal, tetapi mundur serentak begitu melihat kesulitan. Seseorang yang kita temui dalam bermain catur menggunakan strategi ini adalah orang yang plin-plan, tidak konsisten dan mudah putus asa. Sering kita temui orang yang hanya semangat diawal lalu melempem ditengah jalan-jalan ketika sekiranya melihat hambatan di depan. Semacam inilah orang yang menggunakan permainan catur awal-awal langkah langsung menyerang tetapi bisa mundur serentak begitu ada hambatan.
  3. Strategi memberi kesempatan jalur pion lawan untuk menyerang, tetapi diam-diam mematikan lawan. Saya pernah melihat orang yang bermain catur seperti ini, mereka seakan membuka jalur lawan untuk masuk kedaerah kita, ternyata begitu masuk catur lawan yang terjebak didalam daerah kita. Orang yang menggunakan strategi semacam ini adalah seseorang yang licik, cerdas,dinamis dan sabar. Karakter di point ini sama bahanya dengan poin 1 hanya saja bedanya di point ini lebih bersih dan efektif untuk mematikan lawan, orang yang seperti ini pula sangat pandai memanipulasi karakternya sendiri untuk membiarkan lawan menyerang seakan-akan lawan berada di atas angin, tetapi sangat sabar menunggu lawan lengah.
  4. Strategi mengatur jalur poin catur untuk menyerang lawan tiba-tiba. Pernah saya temui orang yang bermain catur sangat jeli mengatur organisasi poin-poin caturnya untuk membuka jalur penyerangan, tetapi tiba-tiba bisa dengan cepat dan efektif menyerang lawan. Seseorang yang bermain dengan strategi ini memiliki karakter sabar, cuek, dan dan pandai dalam berorganisasi kadang ceroboh. Mereka dengan sabar mengatur poin dalam bidang catur untuk membuka jalur menyerang serentak, tetapi kadang tidak memperdulikan apa yang lawan akan lakukan karena terlalu asik mengatur strateginya, jika berhasil pion catur akan melaju dengan efektif untuk mematikan lawan, tetapi karena sifatnya yang cuek dengan lawan bisa saja lawan lebih cepat mengatur pion-pionnya untuk menyerang.
  5. Strategi mengatur untuk untuk bertahan. Strategi ini sangat kontras dengan point 1 dimana mereka lebih suka bertahan untuk melindungi rajanya ketimbang menyerang. Seseorang yang memiliki strategi ini biasanya bersifat defensive atau bertahan, tidak mau ambil resiko dan berhati-berhatil, lebih condong untuk melindungi apa yang dia miliki ketimbang mendapatkan apa yang dia inginkan.
Itu saja yang bisa saya bagikan, saya menulis artikel ini berdasarkan analisa, saya mengambil sample teman-teman dekat saya sendiri yang sudah hampir sangat hapal dengan karakter dan saya hubungkan dengan gaya bermain catur mereka dan alhasil data yang saya dapat yang telah ditulis di atas, jikan anda tidak percaya atau ragu silahkan anda buktikan sendiri dengan teman dekat anda tetapi jangan beritahu ingin melihat karakternya.

Terimakasih untuk menyempatkan waktunya membaca artikel saya, semoga bermanfaat dan saya sangat mengharapkan komentar dari anda semua.

2 komentar: