Selasa, 17 Juli 2012

Jaman Imperialisme Bangsa Indonesia Part 2 (Imperialism Era of Indonesia)

Masa Pendudukan Jepang
Pada tanggal 7 September di depan Parlemen Jepang di Tokyo, Perdana Mentri Koiso menyampaikan pidato yang isiny antara lain mengemukakan bahwa Jepang akan memberikan kemerdekaan pada bangsa Indonesia kelak kemudian hari, apabila peperangan telah usai. Pidato inilah yang dikenal sebagai "Janji Kemerdekaan".



Diharapkan dengan adanya janji ini rakyat Indonesia akan lebih banyak membantu Jepang dalam peperangan melawan sekutu. Sebagai realisasi dari Janji Kemerdekaan tersebut dibentuklah Bdana Penyelidikan Usaha Persiapan Kemerdekaan yang pelantikannya dilaksanakan pada tanggal 28 Mei 1945. Selanjutnya tatkala BPUPK Indonesia dianggap telah selesai, maka dibentuklah Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) pada tanggal 9 Agustus 1945, ditunjuk sebagai ketuany Ir. Soekarno, wakil ketua Drs. Moh. Hatta ditambah dengan 19 anggota, sehingga keseluruhannya menjadi 21 anggota.

Setelah Hiroshima dijatuhkan bom atom pada tangga 6 Agustus 1945 dan Nagasaki pada tangga 9 Agusutus 1945 akhirnya Jepang menyerah pada Sekutu pada tanggal 14 Agustus 1945 yang secara resmi diumumkan pada tanggal 15 Agustus 1945.

Bangsa Indonesia memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya untuk memproklamirkan kemerdekaannya. Setelah mengalami berbagai perdebatan yang telah menimbulkan peristiwa penculikan Rengasdengklok, pada tanggal 17 Agustus 1945 Soekarno-Hatta memproklamirkan kemerdekaan atas nama bangsa Indonesia.
Ir. Soekarno membaca proklamasi kemerdekaan Indonesia

"Kami Bangsa Indonesia menyatakan dengan ini Kemerdekaan Indonesia. Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain deselenggarakan dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. Soekarno-Hatta."

Sejak itulah bangsa Indonesia bangsa yang dapat menentukan hari depannya sendiri. MERDEKA !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar