Senin, 16 Juli 2012

Ritual Khusus Hari Pertama Sekolah

Salam Sejahtera untuk para pembaca sekalian, hari ini adalah hari pertama masuk sekolah ya untuk para pelajar ? Hari pertama harus diawali dengan semangat, dari sekian minggu tidak bertemu dengan teman seperjuangan dan sudah cukup waktu bersantay-santay di rumah, sekarang adalah waktu untuk berjuang kembali meniti masa depan yang lebih baik, amin

Rumah saya sebelahan dengan masjid dan sebelah masjid ada sekolah SD, FYI (For Your Info) aja sih, saya akan menceritakan kejadian yang menurut saya menarik tadi pagi di Sekolah Dasar deket rumah saya. Jadi cerita pagi-pagi buta pas Subuh saya berangkat ke masjid ketika saya sholat sekolah samping masjid kedengerannya ramai sekali, sehingga membuat sholat saya jadi bertanya-tanya, saya penasaran apa yang terjadi di sekolah samping masjid ini ? Ternyata dan ternyata yang membuat ramai adalah para ibu-ibu dan bapak-bapak yang sedang menata tempat duduk dan meja di kelas untuk anaknya kelak dan ternyata lagi anak-anaknya juga ada pada berangkat, padahal sekolah itu masuk jam 7.15 WIB. Saya kaget "loh ko masih jam 5 anak-anak SD udah pada berangkat? Rajin banget" Tanya saya dalam hati.



Selidik punya selidik ternyata mereka berangkat pagi-pagi buta hanya untuk mecari kursi untuk duduk mereka kelak di kelas, tapi yang repot bukan para anak-anaknya tapi para orangtuanya yang sibuk mengatur posisi strategis untuk anaknya. Saya jadi berpikir kalau anak-anak indonesia serajin mereka bagaimana kalau  jam masuk sekolah di majukan menjadi jam 6, bagus kan tuh jadi nunggunya tidak terlalu lama.Dan saya juga berpikir kalau dari kecil saja sudah berebutan kursi gimana nanti kalau sudah besar ? Kursi DPR maksudnya. Bagus sih memaksakan anak-anak bangun pagi-pagi buta tapi sayangnya kenapa anak-anaknya ga disuruh sholat subuh dulu, malah yang dipikirin kursi. Daripada rebutan kursi mending kursinya bawa masing-masing aja dari rumah, kan lebih enak ada yang empuk, besar, bisa muter, terserah deh.

Memang seperti itu ritual hari pertama sekolah di SD kalau di kampung ? kalau di kota saya tidak tahu apa ritual khusus hari pertama sekolah yang di lakukan, apa di kota lebih parah udah pake sogokan ke kepala sekolah demi mendapatkan kursi yang strategis. wah, kalau begitu kejadiannya gawat banget, sepenting apa sih makna kursi untuk anak SD ? Seingat saya waktu saya jaman SD tidak ada ritual seperti itu, berangkat sekolah ya sewajarnya saja seperti anak sekolah pada umumnya. Menurut saya tanpa kita harus perebutkan juga sudah ada jatahnya masing-masing kan dan duduk di manapun tidak berpengaruh dengan kecerdasan manusia.

Intinya, kita tidak perlu menyikapi secara berlebihan hari pertama sekolah kepada anak-anak kita biarkan saja mereka memilih sendiri mau di mana mereka duduk. Jika ke sekolah saja harus di layani oleh orangtuanya dan kalau di sekolah kehebohan orangtua melebihi anaknya, itu sungguh ironi. kemandiri harus di terapkan sejak dini, sebagai orangtua cukup mengiringi langkah-langkah anak kita ke sekolah dengan do'a. Orangtua nganter anaknya ke sekolah di tungguin sampai selesai, lalu apa yang di kerjakan para orangtua ibu-ibu khususnya di sekolah anaknya ? Nggosip. Hanya ini yang dapat saya ceritakan berdasarkan kejadian yang saya lihat tadi pagi, terimakasih sudah menyempatkan untuk membaca, jika ada tanggapan silahkan tambahkan komentar di bawah blog ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar